Or, in its own meta tag

Wednesday, June 26, 2013

Perbandingan Suzuki Ertiga VS Toyota Avanza

Perbandingan Suzuki Ertiga VS Toyota Avanza. Pasar mobil MPV di Indonesia tercinta memang sungguh menggiurkan. Di era 2000an ini kini telah beredar Daihatsu Xenia, Suzuki Ertiga, Chevrolet Spin dan Toyota Avanza sebagai pemimpin pasar. Saat ini, Suzuki Ertiga yang paling mendapat sorotan. Sejak kemunculannya pada Mei tahun lalu, penjualannya terus meningkat. Pada 2012, total penjualan Ertiga mencapai 34.074 unit atau 26,9% dari total penjualan Suzuki. Mengawali 2013, Ertiga sudah terjual sebanyak 5.467 unit sepanjang Januari. Kemunculan Ertiga semakin fenomenal, setelah beredar kabar akan muncul kembarannya, Mazda VX1.  Berikut adalah Perbandingan Suzuki Ertiga VS Toyota Avanza yang dapat disajikan oleh review otomotif sebagai salah satu informasi yang dapat anda gunakan sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan pilihan mobil MPV anda.



Suzuki Ertiga adalah produk Low-end MPV (Multi-Purpose Vehicle), pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada tanggal 22 April 2012. ERTIGA adalah mobil yang memiliki 3 baris pada interiornya dengan berkapasitas 7 orang penumpang (7 seaters) seperti MPV. ERTIGA merupakan perpaduan MPV dan sedan, yakni dengan platform Suzuki New Swift sehingga menghasilkan sebuah kenyamanan yang tidak dimiliki oleh kendaraan Low MPV lainnya.

Suzuki Ertiga hadir dengan transmisi Otomatis (A/T) untuk tipe GL, GX dan GA (M/T), untuk melengkapi jajaran produk mobil-mobil suzuki yang ada saat ini, sekaligus memberikan penyegaran dan variasi produk pada segmen pasar kelas MPV Bonnet di tanah air.

Sementara itu, Toyota Avanza, siapa yang tidak kenal dengan mobil sejuta umat ini? Mobil ini terkenal lincah, irit, mudah perawatannya dan memiliki resale value yang sangat tinggi. Disini saya garis bawahi bagi anda yang menginginkan mobil dengan harga jual kembali yang tidak terlalu jauh perbedaannya dengan harga pembelian. Toyota Avanza merupakan pilihan wajib dan anda tidak perlu ragukan lagi, namun untuk Xenia harga jual kembali tidak sebaik Avanza. Pasalnya,  penjualan MPV ini sudah mencapai 1,1 juta unit sejak dipasarkan pada akhir 2004. Kehadiran Avanza telah mendongkrak penjualan MPV bawah atau termurah di Indonesia dari 240.781 unit pada 2008, menjadi 497.464 unit pada tahun berikutnya. Avanza merupakan model kebanggaan Toyota Indonesia. Pasalnya, Sejak diluncurkan, sampai April 2013, penjualannya sudah mencapai 1.133.203 unit dengan komposisi, lokal 963.373 unit dan ekspor 169.830 unit.

Perbandingan Suzuki Ertiga VS Avanza Toyota.
Kedua MPV ini punya kelabihan dan kekurangan masing-masing di sisi mesin, transmisi, fitur keamanan, harga dan sebagainya.

Roda penggerak. Ertiga menggunakan sistem penggerak roda depan sedangkan Toyota Avanza menggunakan sistem pengerak roda belakang.

Untuk sasis, Suszuki Ertiga memakai monocoque yang diadopsi dari platform sedan swift sementara Toyota Avanza memakai ladder frame (tetapi sejak akhir 2012 dengan lahirnya new avanza sudah memakai chasis monocoque)

Pada fitur keamanan, Suzuki Ertiga memiliki immobilizer, yaitu suatu smart system anti duplikat pada kunci kontak mobil, serta ada Airbag untuk type GX, serta fitur Rem tambahan ABS dan EBD di type GX, sedangkan avanza 2013 ini sudah dilengkapi dual airbag untuk semua type serta Rem ABS untuk type Veloz.

Di sisi kenyamanan, Toyota Avanza sudah dilengkapi AC double blower pada semua semua type sementara Ertiga hanya khusus di type GL dan GX yang dilengkaspi dengan AC double blower.

Pada mesin, Suzuki Ertiga menggunakan mesin dengan kapasitas 1,4 liter sedangkan Toyota Avanza memiliki 2 pilihan kapasitas mesin yaitu 1,3 liter dan 1,5 liter.

Sementara pada sisi harga, Suzuki Ertiga berada di  variasi antara 148 juta rupiah - 185 juta rupiah sedangan Toyota Avanza berada pada kisaran antara 152 juta sampai dengan 190 juta rupiah.

Bagaimanapun, Suzuki Ertiga mampu membuktikan diri sebagai MPV 7-penumpang yang diterima oleh konsumen Indonesia. Kendati demikian, masih ada tuntutan yang belum bisa dipenuhi oleh Suzuki, yaitu melengkapi MPV tersebut dengan AC blower ganda (double blower) dan transmisi otomatik.

Terimakasih telah membaca Perbandingan Suzuki Ertiga VS Toyota Avanza ini, semoga dapat bermanfaat bagi anda.

No comments:

Post a Comment