Or, in its own meta tag

Monday, December 9, 2013

Perbandingan Datsun Go+ dan Honda Mobilio

Minat konsumen mobil 7-penumpang atau MPV di Indonesia juga cukup tinggi  Minat pasar terhadap kebutuhan mobil keluarga disambut para raksasa otomotif dengan menunjukkan mobil konsep. Saat ini, Honda menunjukkan MPV barunya yaitu Honda Mobilio, kemudian disusul Nissan yang memamerkan mobil MPV yaitu Datsun GO+.  Kedua MPV ini akan menggoncang segmen pasar MPV nasional, dengan harganya yang lebih murah. Selain itu minat konsumen mobil 7-penumpang di Indonesia juga cukup tinggi. Sebagai referensi bagi para pembaca, kali ini saya sajikan Review dan perbandingan Datsun Go+ dan HondaMobilio.

Datsun GO+ dikembangkan untuk menjadi mobil yang nyaman, yang dapat diibaratkan sebagai lounge bergerak. Desainnya yang modern, garis siluet samping yang kuat dan dinamis, serta style bodinya yang keren membuatnya tampil memukau dikeramaian. Tampilan luarnya menampilkan kelincahan dan style dari sebuah mobil compact, namun bagian dalam Datsun GO+ menggambarkan ruang yang luas, yang memiliki tempat yang cukup luas untuk menampung anggota keluarga dan barang mereka. Melalui konfigurasi tempat duduk pintar untuk depan dan baris kedua juga tambahan jok baris ketiga.

Honda Mobilio yang pertama kali memulai debutnya pada ajang IIMS 2013 yang berlangsung pada 19 – 29 September 2013 telah mampu menyedot perhatian pengunjung mengingat mobil jenis Low MPV. Dengan panjang keseluruhan hingga mencapai 4,4 meter serta sudah dilengkapi dengan rem ABS, dual SRS airbags, serta Ground Clearance yang mencapai 185 mm tentu saja merupakan faktor ketertarikan lainnya yang membuat MPV ini siap menjadi pesaing utama beberapa kendaraan kategori sejenis yang sudah terlebih dahulu merajai bursa otomotif nasional.


Eksterior

Dilihat dari sisi eksteriornya,  Datsun Go+ mempunyai desain yampilan yang khas, unik dan modern. Bagian garis bodi menunjukkan kesan siluet yang dinamis dengan bentuk garis bahu yang kokoh.  Datsun Go+ Memiliki body compact dengan panjang 3,995 mm, lebar 1,635 mm, dan tinggi 1.485 mm. Sementara wheelbasenya sepanjang 2,450 mm.

Sedangkan Honda Mobilio juga memiliki tampilan yang elegant dan dinamis, bagian spionnya senada dengan bodi mobil. Door handle-nya berwarna hitam. Selain itu, telah dilengkapi dengan antena kecil yang terletak di bagian belakang mobil.

Untuk kaki-kakinya, Honda Mobilio memakai velg berukuran 15 inci, dan diberi sentuhan black mud guard yang akan mengurangi dampak cipratan ketika melewati genangan air atau lumpur. Masih di bagian buritan, teraplikasi lampu stop dan high mounted stoplamp. Melengkapi spesifikasinya, telah terpasang wiper depan dan belakang.


Dimensi

Dilihat dari dimansinya, MPV Datsun GO+ memiliki dimensi panjang 3.995 mm X lebar 1.635 mm X dan tinggi 1.485 mm. Sementara wheelbase sepanjang 2.450 mm merupakan kunci interior Datsun GO+ yang lapang. Sedangkan Honda mobilio memiliki dimansi panjang  4.390 mm merupakan ukuran ideal untuk menciptakan kabin yang lapang, namun tidak menyulitkan saat parkir. Ground clearance Mobilio yang tinggi (185mm) memberikan kenyamanan dan keyakinan berkendara untuk konsumen di berbagai kondisi jalan di Indonesia.

Selain itu, wheel-base Mobilio sepanjang 2.650 mm serta tinggi yang optimal menghasilkan tingkat manuver sekaligus stabilitas yang baik. Dimensi yang dirancang dengan sangat teliti tersebut, ditambah desain yang dinamis, tenaga mesin besar, serta efisiensi bahan bakar, menjadi nilai jual bagi Mobilio.


 Interior

Menegok sisi interiornya, Datsun GO+ memiliki konfigurasi fungsional di kursi depan, dengan dua kursi ekstra di bagian belakang yang juga bisa diubah menjadi ruang kargo tambahan.  Sementara itu, Desain dashboard Mobilio pada versi prototipe terlihat kelir hitam dominan dengan serta sentuhan list krom pada beberapa bagian, disandingkan model lingkaran untuk ventilasi-ventilasi AC. Selain itu Mobilio memiliki ruang kepala, kaki dan lutut paling lapang.


Dapur Pacu

Dari sisi dapur pacunya, Datsun GO+ dibekali mesin berkapasitas 1.200 cc dan hanya menawarkan transmisi manual 5-percepatan. Sedangkan Honda Mobilio untuk 7-penumpang menggunakan mesin yang lebih besar, yakni 1.500 cc.  Mobilio ini juga masih mengadopsi teknologi mesin mereka, i-VTEC yang memanfaatkan mesin 4-silinder.


Harga

Selisih harga ini akan membuat kedua mobil ini laris manis, jika dibandingkan dengan produk yang sudah tenar lainya seperti, Suzuki ertiga dan Toyota Avanza. Harga masih menjadi pertimbangan pertama konsumen mobil keluarga.


Terimakasih telah membaca Review dan Perbandingan Datsun Go+dan Honda Mobilio, semoga bermanfaat dan sukses selalu buat anda.

No comments:

Post a Comment