Or, in its own meta tag

Friday, June 28, 2013

Perbandingan Chevrolet Spin VS Suzuki Ertiga

Sejak kehadirannya di pasar mobil keluarga di Indonesia, baik Chevrolet Spin  maupun Suzuki Ertiga, keduanya telah menyedot perhatian konsumen. Jika dibandingkan antara kedua jenis mobil keluarga ini dengan mobil keluarga merk lainnya pada harga dibawah 200 jutaan, kedua mobil ini memang paling identik baik dari dimensi, mesin dan interior. Apalagi keduanya merupakan mobil baru yang sama-sama bermain sebagai Avanza-Xenia killer ini. Namun diantara kedua mobil ini, manakah yang paling cocok untuk mengisi garasi rumah anda? Mari kita simak Komparasi Chevrolet Spin  VS Suzuki Ertiga berikut ini.

Desain. 

Meskipun memiliki ukuran desain yang 11-12. Keduanya memiliki garis desain yang berbeda. Chevrolet memiliki desain yang lebih kalem namun mengisyaratkan bahwa mobil ini cukup elegan dilihat dari berbagai sudut, sedangkan Suzuki Ertiga mengusung garis desain yang sporty dan dinamis. 

Interior. 

Chevrolet Spin menggunakan warna interior dengan warna hitam yang berpadu dengan abu-abu cerah. Chevrolet Spin ini sepertinya masih bermain aman dengan menggunakan desain interior yang kalem. Namun ketika melihat speedometer, pandangan kita akan berubah dari sebuah mobil keluarga menjadi sebuah mobil standard. Untuk sistem audio, tidak ada yang spesial, bahkan bentuknya seperti head unit mobil lawas.

Suzuki Ertiga bisa dibilang memiliki bentuk interior paling mewah diantara mobil-mobil sekelasnya. Desain tombol-tombol mulai dari tombol audio hingga lampu hazard diletakan begitu rapi di mobil ini. Desain dashboard mobil Suzuki Ertiga ini sangat wow dan mewah. Namun untuk anda yang menginginkan sistem audio yang lebih baik, anda harus mencari dudukan khusus untuk mengganti head unit bawaan Ertiga.  


Akomodasi

Disini keduanya 11-12. Baik Suzuki Ertiga dan Chevrolet Spin memiliki kabin yang kurang luas untuk sebuah mobil 7 penumpang. Suzuki Ertiga memiliki panjang 4265 mm, lebar 1480 mm dan tinggi 1685 mm, sedangkan Chevrolet memiliki panjang 4361 mm lebar 1735 mm dan tinggi 1664 mm. Secara dimensi teknis Chevrolet Spin lebih besar dibandingkan dengan Suzuki Ertiga. Pada kenyataannya memang begitu. Meskipun Suzuki Ertiga memiliki Wheel base lebih panjang 130 mm, ruang kaki Chevrolet Spin terasa lebih lega. Begitupula pada bangku tengah mobil yang terasa lebih lebar. 

Untuk anda yang suka membawa barang bawaan tentunya anda akan tersenyum lebar melihat ruang bagasi Chevrolet Spin yang mampu menampung barang bawaan anda hingga 2 kali lipat bagasi yang dimiliki Suzuki Ertiga. Perbedaannya, Chevrolet Spin tidak memilik dek penyimpanan kedap udara (dibawah bagasi untuk penyimpanan barang basah/ berbau tajam sperti belanjaan ikan dsb) seperti Suzuki Ertiga dan. Kelemahan dari Chevrolet Spin ini tidak memiliki mekanisme bangku yang dapat dilipat rata lantai seperti Suzuki Ertiga.

Performa

Belum dilakukan uji coba yang nyata terhadap Chevrolet Spin. Namun untuk Ertiga kita tidak perlu ragu lagi dengan akselerasi mobil ini. Mesin 1.400 cc 4 silinder dengan transmisi manual 5 percepatan ini mampu mencatat rekor akselerasi dari 0 ke 100 km/jam hanya dalam tempo 10,62 detik saja! Luar biasa bukan? padahal mobil ini memiliki bobot seberat 1.180 Kg. Hasil pengetesan tersebut dilakukan oleh Autobild Indonesia. Spesifikasi resmi dari Suzuki, mobil ini memiliki tenaga mesin 95 Ps dan torsi 130 Nm.

Bagaimana dengan Chevrolet Spin? Masih belum ada tes yang nyata terhadap mobil ini, namun membaca data spesifikasi, Chevrolet dibekali dengan 2 pilihan mesin, mesin pertama ialah mesin diesel berkapasitas 1.200 cc 4 silinder turbocharger yang mampu mengeluarkan tenaga hingga 75 Ps dan torsi 190 Nm. Pada mesin diesel memang horsepower lebih kecil dibandingkan dengan mesin bensin, tetapi perhatikan torsinya yang lebih besar 60 Nm dibandingkan dengan Suzuki Ertiga. Untuk versi tertingginya, Chevrolet Spin dibekali dengan mesin berkapasitas 1.500 cc yang memiliki tenaga hingga 109 Ps.

Secara diatas kertas memang Chevrolet Spin memiliki tenaga lebih dan pilihan mesin lebih irit dengan model diesel. Tetapi secara data pengetesan agak sulit untuk mengalahkan Suzuki Ertiga yang mampu berlari dari berhenti ke 100 km/jam hanya dalam 10,6 detik. 

Safety/fitur keselamatan

Untuk kelas low MPV suzuki ertiga menduduki peringkat pertama untuk fitur kesalamatan dibandingankan dengan sekelasnya dengan double airbag, side impact beam( baja pelindung disetiap pintu) dan system pengereman ABS, sedangkan di chev spin hanya single airbag divarian tertingginya, 

Kenyamanan

Dari segi suspensi, mobil ini 11-12 kenyamanannya. Peredaman suara juga mirip-mirip sebagaimana mobil low entry family car yang memiliki banyak penghematan di berbagai faktor.

Catatan penting ada pada AC kedua mobil ini. Suzuki varian GX dan GL sudah diberikan AC double blower yang terletak di belakang bangku pengemudi dan penumpang depan. Untuk Chevrolet Spin lebih keren karena menggunakan AC double blower yang tertata rapi di dalam plafon hingga ke penumpang paling belakang.

Kesimpulan

Untuk anda yang menginginkan mobil keluarga yang berpenampilan menarik, interior mewah, safety dan berperforma kencang, tentunya Suzuki Ertiga patut menjadi pilihan utama anda, apalagi mobil ini memiliki banyak dealer dan service resmi di seluruh Indonesia. Namun untuk anda yang menginginkan mobil yang lebih kalem dan memiliki ciri khas Amerika. Tentunya Chevrolet Spin adalah pilihan yang tepat. Terutama mesin diesel 1.200 cc dengan teknologi turbocharged dan commonrail diesel patut menjadi pertimbangan serius.

No comments:

Post a Comment

Post a Comment