Or, in its own meta tag

Friday, June 28, 2013

Review dan Komparasi Daihatsu Luxio dan Suzuki APV

Review dan Komparasi Daihatus Luxio dan Suzuki APV . Suzuki Pasar mobil niaga berbentuk VAN di Indonesia cukup menggiurkan minat para pabrikan otomotif untuk menggenjot penjualan produk-produk mereka. Pabrikan asal Jepang Suzuki yang sejak awal telah telah menguasai pasar mobil niaga jenis Van di Indonesia melalui produknya Suzuki APV, namun Suzuki APV telah mendapatkan pesaing dengan kehadiran Daihatsu Luxio. Berbagai jenis mobil memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.  Pasar mobil niaga jenis Van yang cukup bergairah ini membuat ATPM selalu memberikan penawaran-penawaran menarik untuk calon pembeli kendaraan. Karena sebentar lagi momentumnya sangat baik menjelang mudik lebaran untuk memilih mobil. Saya mencoba menuliskan kekurangan dan kelebihan masing-masing kendaraan yang layak anda dipilih di rentang harga dibawah Rp. 200 juta. Berikut adalah Review dan Komparasi Daihatsu Luxio dan Suzuki APV. Review dan komparasi ini saya buat berdasarkan pengalaman mencoba mobil-mobil tersebut secara langsung karena saya bekerja di Rental Mobil Jakarta Autonet Rent Car. Nah, dari situ saya hampir mencoba semua jenis mobil yang cukup laris di Indonesia.



Daihatsu Luxio

Mobil ini merupakan jawaban atas Suzuki APV yang sudah menguasai pasara mobil keluarga berbentuk Van di Indonesia. Mobil ini sebenarnya merupakan Daihatsu Gran Max yang diberikan tampilan luar dalam yang lebih mewah dan mendapatkan improvisasi dengan per belakang model keong (Gran Max model per daun) dan tersedianya transmisi otomatik (AT).

Masuk ke dalam interior Luxio, lupakan interior Daihatsu Gran Max yang kaku dan suran. Mobil ini memiliki door trim, jok, paduan warna yang ceria dengan nuansa beige dan kayu gelap untuk tipe X. Bahkan kita merasa mobil ini sepertinya tidak ada hubungan darah dengan Van Gran Max. Bahkan menurut saya interior Luxio jika dibandingkan dengan Evalia masih lebih mewah Luxio. Hanya saja model eksterior Luxio tidak secantik Evalia.

Mobil ini memiliki rasa pengendaraan yang berbeda dibandingkan Avanza, Livina atau Ertiga. Tapi sebelas-duabelas dengan Evalia dan Suzuki APV. Untungya meskipun sama-sama memiliki mesin dibawah, Mobil ini tidak berasa setinggi APV. Bicara tentang dimensi, mobil ini memiliki dimensi paling besar dibandingkan mobil-mobil sekelasnya, bahkan lebih besar dari APV dan Kijang Innova. Model Boxy dan head room yang tinggi juga dapat menyulap mobil ini dari mobil keluarga menjadi mobil barang yang sangat besar. dari segi penumpang juga begitu, Bahkan jika kita mau memaksakan, bangku baris tengah dan belakang mampu memuat 4 orang sekaligus.

Luxio sendiri sebenarnya bukanlah mobil perkotaan tulen meskipun sudah memiliki transmisi otomatis. Kekurangan mobil ini ialah suspensi yang cukup keras jika penumpang di dalamnya hanya sedikit. Kelembutan Suspensi Luxio dapat dirasakan ketika penumpang penuh sama seperti Suzuki APV. Oh iya bicara tentang APV, Luxio jauh lebih irit bahan bakar dibandingkan dengan Suzuki APV. Tetapi masalah performa sepertinya belum bisa mengalahkan mobil pabrikan Jepang berlogo S tersebut. Kekurangannya lagi saya tidak suka model kursi depan mobil yang memiliki mesin dibawah, tipis dan kaku. Hal minus lainnya Luxio memiliki plat bodi yang tipis, terutama ketika menutup pintu geser akan terasa sekali betapa kalengnya mobil ini.

Keunggulan : Interior paling besar, Mesin 1.500 cc yang irit  dan bandel, Pintu geser, AC Double Blower,     Bagasi luas

Kelemahan :    Kursi depan kaku dan tipis, Mesin dibawah jok sehingga panas mesin tersalur ke Jok, Bodi kaleng, Suspensi keras jika diisi sedikit penumpang.



Suzuki APV

Mobil ini merupakan mobil  Van MPV yang pertama di Indonesia. Mobil ini telah mengalami facelift untuk model interior dan eksterior sehingga lebih mewah dibandingkan dengan model sebelumnya. APV ini sangat luas, memiliki kursi-kursi yang cukup nyaman pada bagian depan dan belakang, selebihnya mobil ini seperti saya mengomentari bagaimana Daihatsu Luxio. Tapi sayang, mobil ini belum dilengkapi dengan pintu geser dan jarak dari ruang penumpang ke tanah sangat tinggi, jika anda tidak berhati-hati bisa-bisa anda terjatuh.

Secara pribadi saya telah  membawa mobil ini untuk jarak jauh dan tidak menemukan kendala berarti selama perjalan. Mobil ini memang dikenal bandel mesinnya mengingat mesin APV merupakan mesin Suzuki Carry 1.500 cc yang diberikan improvisasi sehingga memiliki tenaga yang lebih besar. Namun untuk ukuran sebuah MPV 1.500 cc, mobil ini cukup boros.

Mobil ini cukup asik juga di pengaturan tata suara, Suara bass dan treble yang dihadirkan di mobil ini tergolong bagus dibandingkan dengan mobil sekelasnya. Plat bodi mobil ini juga cukup tebal meskipun suara mesin masih masuk ke dalam kabin ketika berakselerasi.

Keuggulan : Interior luas, Mesin 1.500 cc yang bandel, AC Double Blower, Bagasi luas, Suara Audio,     bodi tebal

Kelemahan :    Kursi depan kaku dan tipis, Mesin dibawah jok, Terlalu tinggi, Suspensi keras jika diisi sedikit penumpang

Terimakasih telah membaca Review dan Komparasi Daihatus Luxio dan Suzuki APV ini, semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment