Or, in its own meta tag

Saturday, November 23, 2013

Toyota Perkenalkan FCV, Mobil Berbahan Bakar Hidrogen



Toyota Perkenalkan FCV, Mobil Berbahan Bakar Hidrogen. Toyota Motor Corporation (TMC), salah satu pabrikan otomotif terbesar di dunia berambisi menjadi salah satu merek awal yang memasarkan mobil berteknologi "fuel cell" di pasar global. Melalui konsep FCV yang perdana dipamerkan di Tokyo Motor Show 2013, target penjualan 10.000 unit dalam jangka waktu lima tahun ke depan. Toyota menargetkan bisa mulai menjual FCV sedan mulai 2015. Beberapa negara yang dijajaki, termasuk Jepang, Amerika Utara, dan Eropa. Kawasan ini dipilih karena punya infrastruktur pendukung terbaik berupa stasiun pengisian hidrogen umum.Sayangnya, kendaraan seperti ini masih jauh dari konsumen Indonesia, baik dari segi ketersedian infrastruktur maupuh harga jual karena beban pajak tinggi. Toyota Perkenalkan FCV, Mobil Berbahan Bakar Hidrogen.

Toyota Motor Corporation (TMC) resmi memperkenalkan tiga jagoan konsep terbarunya di Tokyo Motor Show ke-43 di Tokyo Big Sight, Jepang, Rabu (20/11/2013). Ketiganya adalah, FCV, FV2, dan Japan Taxi. FCV merupakan sedan menengah berteknologi fuel cell yang mengonsumsi bahan bakar hidrogen. Gas digunakan untuk menggerakkan motor listrik sebagai sumber tenaga utama. Kendaraan ini bebas emisi karena hanya menghasilkan air sebagai sisa pembakaran.

General Manager Strategic Planning & Administration Dept, Fuel Cell System Engineering Division, R&D Group TMC , Tatsuaki Yokoyam menjelaskan hal ini pada wartawan di ajang test drive teknologi terbaru FCV di Sirkuit Uji Fujioka Aisin Test Course di Toyota City, Aichi, Jepang, Jumat (22/11/2013). Konsep FCV saat ini masih dalam finalisasi sebelum mulai dipasarkan.
Pengujian kendaraan sudah dilakukan secara intensif dalam beberapa tahun terakhir. Oktober lalu (2013), TMC menguji tingkat konsumsi dengan mengendarainya dari Kantor Pusat Toyota di Aishi menuju Pelabuhan Harumi, Tokyo. Jarak yang ditempuh 322 km. Sedangkan perhitungan baru, sekali isi bahan bakar bisa mencapai titik efisien lebih baik, hingga 650 km.

Masuk ke kabin mobil Toyota FCV ini, anda akan merasa seperti di dalam Prius, terlihat dari desain lingkar kemudi dan tuas transmisi mungil yang ada di panel dasbor tengah.  Ketika di luar maupun setelah masuk dalam kabin, sama sekali tidak terdengar suara kerja mesin. Apalagi ketika pintu tertutup, senyap! Perlahan injak pedal gas, konsep FCV ini melaju dengan langsam. Meski secara teori, tabung gas, baterai, dan motor listrik yang dimiliki lebih berat dari mobil biasa, justru dengah hilangnya suara kendaraan membuatnya terasa lebih ringan di jalan.

Mobil Toyota FCV ini juga memiliki lingkar kemudi yang nyaman digenggam. Pada lintasan lurus, anda tak perlu ragu melakukan kick-down pada pedal gas. Tenaga yang keluar merespon dengan "galak". Tak terasa kecepatan mencapai 120 km/jam di trek lurus yang jarak sekitar 500 meter. 

"Meski berteknologi tinggi, kami mau tetap menjaga perasaan menyenangkan dalam berkendara. Sesuai moto baru perusahaan," jelas Hitoshi Nomasa, Manajer Proyek ZF, Grup Produk Perencanaan TMC di Aichi, Jumat (22/11/2013). Sayang ketika ditanya berapa tenaga dan torsi yang dihasilkan teknologi baru ini, Hitoshi masih bungkam.

Karakteristik Mobil Toyota FCV ini mirip dengan mobil ramah lingkungan lainnya milik Toyota,  yakni lembut atau halus ketika melaju. Bedanya, meski menggunakan hidrogen, karakteristik sedan menengah yang bertenaga berhasil tetap dijaga.

Beberapa fakta lain yang diklaim oleh Toyota adalah bahwa teknologi FCV bisa menempuh jarak 500-700 km dalam metode pengujian JC08 sekali tangki gas hidrogen terisi penuh. Untuk mengisian gas, dibutuhkan waktu tiga menit saja. Mengonsumsi hidrogen membuatnya ramah lingkungan tanpa mengeluarkan gas karbondioksida ke udara, hanya menyisakan air.

Sayang, kendaraan seperti ini masih jauh dari konsumen Indonesia, baik dari segi ketersedian infrastruktur maupuh harga jual karena beban pajak tinggi!

Terimakasih telah membaca Toyota Perkenalkan FCV, Mobil Berbahan bakar Hidrogen ini, semoga menghibur anda.

No comments:

Post a Comment